Home / Berita Umum / Petani Bojonegoro Ganti Bahan Bakar Pompa Air Dengan Elpiji 3 Kg

Petani Bojonegoro Ganti Bahan Bakar Pompa Air Dengan Elpiji 3 Kg

Petani Bojonegoro Ganti Bahan Bakar Pompa Air Dengan Elpiji 3 Kg – Kala musim kemarau menempa, banyak petani di Bojonegoro mesti memutar otak buat mengairi persawahan dengan biaya sehemat mungkin. Mereka selanjutnya gunakan elpiji 3 kg jadi bahan bakar pompa air.

di sejumlah persawahan dekat sungai Bengawan Solo serta Sungai Pacal di Bojonegoro, banyak petani yang ganti bahan bakar pompa air. Dari BBM style premium berubah menjadi gas elpiji.

” Gunakan elpiji lantaran lebih hemat ketimbang gunakan bensin. Ditambah lagi bensin sudah sukar diperoleh. Buat satu tabung elpiji 3 kg itu dapat digunakan 10 jam bahan bakar diesel, ” kata salah seseorang petani Isman, Selasa (9/7/2019) .

Sesaat Dinas Perdagangan Bojonegoro lakukan sidak di sejumlah tempat penjualan elpiji. Baik pada tingkat pengecer ataupun pangkalan. Sidak dikerjakan biar tidak berlangsung kekurangan atau kelangkaan elpiji.

Di sejumlah pengecer, banyak elpiji 3 kg yang di jual pada bagian pertanian. Plt Kepala Dinas Perdagangan Bojonegoro Agus Hariyana membetulkan, elpiji itu diperlukan banyak petani jadi bahan bakar mesin pompa air di persawahan.

” Sekarang banyak petani yang memanfaatkan elpiji 3 kg buat alat pertanian seperti mesin penyedot air. Mestinya cuma dibikin rumah tangga. Sampai berlangsung perubahan pemanfaatan elpiji dari rumah tangga ke pertanian, ” kata Agus.

Agus mengaku kalau elpiji sudah disalahgunakan. Dalam sidak, Agus meringkas faktor pengecer yang jual elpiji ke petani biar stock dagangan yang dipunyai cepat habis.

” Bila stock elpiji 3 kg terakhir ini aman. Kami jual ke pengecer serta customer masih Rp 16 ribu buat ukuran 3 kg. Penjualan sesuai dengan HET serta langsung ke customer rumah tangga, ” kata Adi, pemilik satu diantaranya pangkalan elpiji di Kecamatan Sukowesu, Bojonegoro.

Biarpun elpiji 3 kg sekarang banyak diperlukan di bagian pertanian, Disperindag Bojonegoro menegaskan stock elpiji 3 aman. Kalau masyarakat kesukaran memperoleh elpiji melon langsung bisa beli ke SPBU atau pangkalan sah.

About penulis77